Pengajian al-Bayan 29 November 2009 Masalah Ke-12

S (Soal) : Dalam Menjalin hubungan dan interkasi sosial (Muamalah) antar sesama makhluk dengan berlandaskan Etika dan Moral yang baik merupakan nilai yang sangat dijunjung dalam Islam. Pertanyaannya adalah apakah boleh berinterkasi dan menjalin hubungan baik, seperti memberi penghargaan/hadiah, ucapan selamat pada hari-hari besar suatu Agama tertentu dan membesuk ketika menderita sakit, dilakukan oleh seorang muslim kepada non muslim atas dasar nilai Islam diatas?



J (Jawab) : Islam mengajarkan manusia untuk senantiasa berbuat baik antar sesama makhluk, khususnya sesama manusia tanpa membedakan apapun Agamanya. manifestasi perbuatan baik itu antara lain dengan cara saling menghargai, menghormati dan mengayomi antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, memberi penghargaan (hadiyah) kepada non muslim, mengucapkan selamat (tahniah) dan mengunjunginya tatkala sakit merupakan perbuatan yang terpuji dalam Islam (Min Babil Ihsan).

DH (Dasar Hukum) :
al-Quran :
1. Q.S. al-Baqarah : 83
2. Q.S. al-Nahl : 90
3. al-Mumtahanah : 8
al-Hadits :
4. Ahmad Bin Hambal, Musnad Ahmad Bin Hambal, Vol VI, Hal. 90. al-Baihaqi, al-Sya’b, Vol II, hal 15
5. al-Mardawi, al-Inshof, Vol.IV, hal. 234-235
Kitab :
6. Syaikh Alisy, Fathul Ali Fi al-Fatawa Ala Madzhab al-Imam Malik, Vol II, Hal. 349
7. al-Fatawa al-Hindiyah, Vol V, hal. 34


Kairo, 29 Oktober 2009

Komentar :

ada 0 komentar ke “Pengajian al-Bayan 29 November 2009 Masalah Ke-12”

Posting Komentar

 
Home | Gallery |Posts RSS | Comments RSS

Copyright © 2009 ESES Foundation |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.